Selasa, 14 Mei 2013

Teknologi di dalam olahraga sepak bola

Teknologi di dalam Olahraga Sepakbola 

1. Jam Referee Third Eye

 Andy Kurovet seorang desainer, membuat jam khusus untuk wasit sepak bola yang diberi nama Referree Third Eye yang dilengkapi dengan bluetooth sehingga asisten wasit hingga wasit cadangan bisa langsung mengirim sinyal jika terjadi Gol, offside atau pelanggaran. Hal ini dikarenakan wasit kontroversi keputusan yang kurang tepat.

 


2. Bola CTRUS

  Bola CTRUS adalah bola yang dilengkapi dengan kamera didalamnya sehingga dapat mengirim sinyal sehingga bisa mengirimkan sinyal pada perangkat khusus yang dikenakan wasit jikakalau telah terjadi gol. Tetapi Federasi sepakbola menolak menggunakannya dengan alasan akan merusak keindahan sepak bola.

 

3. Plester Kinesio

Plester Kinesio ditemukan dokter asal Jepang, Kenzo Kase pada tahun 1970 dan sudah dipakai olahragawan profesional sebelumnya, namun di tangan pesepakbola lah, kinesio semakin dikenal. Plester ini sangat fleksibel dan bisa dipakai di bagian tubuh manapun, tanpa menghambat gerak. Permukaan plester ini bersisik seperti kulit ular dan bisa mengangkat kulit dan memperbaiki sirkulasi darah. Bahkan meningkatkan tenaga dengan cara mengurangi energi yang hilang pada saat otot bergerak. 

 

 

 

 

4. Armour Bite Mouthpiece (Pelindung Gigi) 

Seperti halnya plester kinesio, untuk melahirkan performa maksimal olahragawan, terutama pesepakbola terus dikembangkan. Terutama untuk memperlebar aliran nafas agar jumlah zat yang membuat fungsi paru-paru meningkat. Salah satunya Armour Bite Mouthpiece. Pelindung gigi bisa meningkatkan kuantitas udara yang masuk ke dalam tubuh penggunanya. Armour bite mouthpiece pas dengan bentuk deretan gigi bawah sehingga membantu mempertahankan kerenggangan optimal antara deretan gigi dan mencegah kecenderungan mengatupkan rahang saat berolahraga, sehingga jalan udara terbuka, produksi asam laktat berkurang 25% dalam latihan selama 30 menit dan kekuatan meningkat hingga 20%. Presiden Armour Bite, Eric Solem mengatakan alat ini akan meningkatkan reaksi sementara level kortisol, hormon yang memicu stres dan kelelahan akan menurun. 

5. Plester dan Krim Dada

Anda pasti tidak akan pernah lupa dengan style dari mantan striker Liverpool, Robbie Fowler yang selalu mengenakan sported plester di hidungnya. Ternyata plester tersebut bukan hanya untuk tampil gaya, melainkan dirancang untuk menahan lubang hidung terbuka lebih lebar, sehingga pernafasan melalui hidung menjadi lebih mudah. Produk serupa dikemas dalam bentuk berbeda, yakni berbentuk krim yang dioleskan di dada. Fungsinya mempermudah pernafasan saat berolahraga, seperti yang biasa dilakukan Patrick Vieira. Hanya saja yang memakai krim dada akan terlihat lebih jorok, lantaran seperti adanya ingus di dada pemain.

6. Goal line_technology (GLT)

Teknologi Garis Gawang atau Goal line technology adalah perangkat elektronik yang bertujuan membantu wasit dalam menentukan keputusan gol.

 

 

7.M-FRAME Oakley

 M-Frame adalah salah satu kacamata untuk berbagai jenis kegunaan dan kebanyakan dipakai oleh para olahragawan. Kacamata tersebut dipakai pada saat latihan oleh pesepakbola yang berguna untuk menfokuskan indra penglihatan pemain dengan mengaktifkan sensor blingkig.

7. Micoach
 MiCoach adalah teknologi pertama sepatu pintar yang digunakan untuk mengetahui dan merekam statistik performa kecepatan, kecepatan maksimum, jumlah sprint, jarak, jarak berdasarkan waktu dan level intesitas secara akurat.

Teknologi olahraga yang berasal dari Jerman ini banyak dipakai oleh pesepakbola, pemain tenis, atletik dan banyak lainnya.

 Memori miCoach dapat mencatat seluruh data pertandingan hingga 7 jam dan bisa ditransfer secara nirkabel ke tablet, PC, dan MAC.

sumber : http://www.lihat.co.id/2013/01/7-teknologi-canggih-di-dalam-olahraga.html 
  sumber : http://www.unikgaul.com/2012/08/5-penemuan-unik-teknologi-untuk.html




1 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa untuk kunjungi website kami untuk mendapatkan info menarik seputar berita teknologi desktop, gadget, gaming, notebook, mobile, software and tips : HypeTech

    BalasHapus